Cara Membuat Database di SQLite

Sebelum membuat sebuah program atau sebelum menjadi programmer, temen-temen harus tahu dan bisa membedakan apa itu Database, Table, Query, Trigger, Report dan Form. Sederhana dulu bisa membedakan apa itu Tabel dan Database. Beberapa materi pengantar sudah saya coba bahas di Materi Pembelajaran Database. Jika temen-temen masih belum memiliki master dari SQLite ini, langsung saja Download SQLite Database Browser v3.7.0. Jika sudah sedikit membaca dan bisa membadakan apa itu database dan apa itu table. Mari kita lanjutkan pembahasan kita kali ini.

Studi kasus yang ingin kita pelajari kali ini adalah kita akan membuat sebuah database sederhana tentang IDBC. Database yang akan kita buat akan kita beri nama MYIDBC yang didalamnya nanti akan ada 2 tabel yaitu tb_mahasantri dan tb_pembimbing. Pada setiap tabel yang kita buat, akan ada 3 field, misal untuk tb_mahasantri akan kita isi dengan nim, nama dan asal. Begitu pula dengan tb_pembimbing. Pada setiap table, akan kita isi dengan 5 record atau 5 data. Nah, sampai disini, ada beberapa istilah baru yang sudah kita pahami yaitu database, table, field, record.

Berikut langkah-langkah membuat database pada SQLite :

Langkah 1 : Jalankan SQLite dan klik New Database akan muncul kotak penyimpanan, saya sarankan simpan dimana tempat kita meletakkan SQLite portable yang kita miliki agar mudah mencarinya. Dalam kasus ini kita coba beri nama database kita dengan nama 'myidbc'. Kemudian klik save.


Langkah 2 : Setelah database sudah kita buat, langkah selanjutnya adalah membuat sebuah table. Untuk table yang pertama kita beri nama saja 'tb_mahasantri.db' jangan lupa .db nya ya. Untuk menambahkan tabel lainnya klik saja 'create table'.


Penamaan dalam tabel usahakan tidak menggunakan spasi, gunakan under_score untuk mengganti spasi. Untuk tipe data di sqlite, sudah saya bahas beberapa ya. Tipe-tipe data yang ada di SQLite ini hanya 4, Integer, Real, Blob dan Numeric. Semua tipe data ini sudah saya bahas lengkah diartikel saya sebelumnya. Coba dibaca-baca dulu. Pada pilihan cawang diatas. Ada Not = Not Null atau tidak boleh kosong. PK = Primary Key atau field utama. AI = Auto Increment artinya otomatis bertambah untuk numerik. Jika sudah klik OK.

Langkah 3 : Jika tabel sudah kita buat, barulah sekarang kita isi tabel tb_mahasantri tersebut dengan 5 data.


Kata ustadz jun, dicoba dulu ya cara mengisi datanya. Pasti bisa koq, Itu sudah saya beri tanda merah-merahnya. Jika tabel tb_mahasantri ini sudah selesai, cobalah untuk membuat table tb_pembimbing seperti yang sudah saya jelaskan diawal. Jika tugas 1 ini sudah selesai. Sekarang cobalah untuk membuat sebuah database seperti yang temen-temen inginskan seperti di lembaga masing-masing untuk kepentingan program yang akan dibuat. 

Misal Lembaga PIKMI saya akan saya buat database dengan nama :

db_pikmi :

tb_mahasiswa :
- nim
- nama
- asal
- usia
- wali
- no_hp

tb_dosen :
- nid
- nama
- usia
- no_hp
- bidang

tb_nilai :
- nim
- tugas
- absensi
- uts
- uas

Untuk tipe data masing-masing field yang dibuat bebas dan disesuaikan dengan kebutuhan ya. Misal untuk nim saya akan menggunakan A001, maka saya menggunakan text bukan numeric bukan integer. Untuk nama jelas text karena hanya berupa huruf a - z saja. Begitu selanjutnya.

0 Response to "Cara Membuat Database di SQLite"

Posting Komentar